Yakobus Dumupa: Saya akan Pecat dan Lapor Polisi, bila Kepala Kampung Korupsi

blog image

DOGIYAI – Bupati Kabupaten Dogiyai Yakobus Dumupa, meminta kepada setiap Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Dogiyai dan Distrik untuk merangkul dan melibatkan semua unsur serta lapisan masyarakat dalam membangun kampung masing-masing.

Hal itu disampaikannya kemarin (9/3) dihadapan para Kades, saat sedang berlangsungnya kegiatan musyawara perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat distrik dan kampung, di Gedung Aula Kantor Keuangan Kabupaten Dogiyai.

“Anda sebagai kepala desa dan kepala distrik wajib merangkul semua masyarakat. Jangan sampai ada kepala kampung dan kepala distrik buat program sendiri diluar dari kampung itu sendiri, rangkul semua masyarakat yang ada, untuk kemajuan desa, dan kesehjateraan masyarakat desa,” ujarnya Jumat (9/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut Dumupa juga menegaskan, kepada setiap kepala desa, untuk mengatur dana kampung bersama masyarakat setempat dan tidak memperkaya diri.

“Jangan sampai kepala desa beli mobil dan motor dari dana kampung saya sebagai Bupati langsun lapor kepihak keamanan untuk tangkap, agar dapat menjaga kerukunan, keharmonisan masyrakat didesanya dan memperkuat persatuan serta kesatuan masyarakat kampung tersebut,” tegasnya.

“Mengayomi, membina, dan mendidik masyarakat masing-masing, karena tugas anda sebagai Kepala Desa, agar desa yang anda pimpin dapat lebih sejahtera, lebih maju, dan lebih kuat lagi. Sehingga segala permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik,” tambahnya.

Dumupa, juga menjelaskan, Kepala Desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, oleh karena itu Kepala Desa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasikan kepentingan masyarakat dikampung. “Hati-hati dana kampung bawa lari oleh kepala desa,” pintanya.

“Peran dari Kepala Desa berada pada posisi yang sangat strategis dalam pembangunan kampung masing-masing, jadi saya mengharapkan kepada Kepala Desa yang korupsi dana kampung pecat dari jabatan dan langsun lapor polisi untuk tangkap, agar selalu bekerja sesuai dengan aturan yang ada, dan juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dalam hal apapun yang menyangkut tujuan Musrenbang Distrik dan kampung adalah untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang Kampung, serta menetapkan prioritas kegiatan pembangunan Distrik dan Kampung tahun 2019,” ucapnya.

Setelah berakhirnya kegiatan Musrenbang tingkat distrik dan kampung, Dumupa mengatakan, pembangunan ditingkat distrik hingga tingkat kampung akan di prioritaskan.

“Musrenbang tingkat kampung sudah dilaksanakan karena kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas dalam wilayah Distrik, berdasarkan masukan dari kampung melalui Musrenbang tingkat kampung,” jelasnya.

Diakuinya, yang paling penting adalah implementasi dana desa yang baik dan selalu mengutamakan musyawarah desa, dalam merumuskan pembangunan di desa. Sehingga pembangunan yang ada didesa, dapat dibangun sesuai dengan skala prioritas pembangunan desa.

“Saya juga berpesan kepada Kepala Desa, agar dapat menjaga kredibilitasnya, sebagai Kepala Desa, selalu menjaga warga dan desanya, agar desa yang anda pimpin menjadi lebih baik dan lebih sejahtera dan bahagia lagi,” pungkasnya. (KD/Yanuarius Goo).