Bupati Buka Sosialisasi Peningkatan SDM Pelaku Usaha

blog image

DOGIYAI – Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, S.IP, membuka sosialisasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku usaha mini, mikro dan kecil tahun anggaran 2018. Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dogiyai, digelar di Aula Koteka Moge, Selasa (5/6) pagi kemarin.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dogiyai, Seselius Kedeikoto, SE dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini baru pertama dilaksanakan karena Dinas Koperasi dan UKM baru saja terbentuk. Dirinya juga menyampaikan, perekrutan usaha mikro kecil dan menengah ini pihaknya baru merekrut sebanyak 36 orang yang diambil dari 10 distrik yang ada di Dogiyai yakni 6 orang per distrik.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa, S.Ip yang mengalokasikan dana untuk tahun 2019 sebesar lima milyar rupiah. Dengan dana ini pihaknya akan membangun toko mini di setiap distrik yang harga barang akan sama dengan harga di Kabupaten Dogiyai. Sehingga masyarakat dapat menikmati dan tidak perlu jauh-jauh datang dari kampung untuk belanja ke kota.

“Dalam kesempatan ini juga kami mengharapkan kepada masyarakat yang kami rekrut dalam usaha mikro kecil dan menengah ini agar memperhatikan benar-benar apa yang disamapaikan oleh moderator nantinya sehingga apa yang diterima saat ini agar benar-benar diterapkan di lapangan,” ujarnya.

Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa menyampaikan, pembangunan usaha mikro kecil dan menengah sangat penting dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat. Bupati juga menyampaikan kepada Dinas Koperasi dan UKM agar benar-benar melaksanakan tugas dengan baik. Membina masyarakat dalam hal berusaha dan berdagang, sehingga harapan kita harapan masyarakat Kabupaten Dogiyai dapat sejahtera dan sejajar dengan daerah lain yang ada di Papua bahkan di luar Papua.

“Saya sebagai Bupati Dogiyai sangat prihatin kepada masyarakat kita saat ini. Setiap saya berkunjung ke kampung-kampung, anak kecil yang masih berumur 3 tahun langsung berdatangan menghampiri saya dan memanggil teman-temannya bahwa Pak Bupati datang mau bagi uang sehingga saya berpikiran bahwa masyarakat kita di Kabupaten Dogiyai hanya memikirkan uang dan tidak mau berusaha,” ujarnya.

Oleh karena itu dirinya menyampaikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM agar bekerja keras dibidangnya. Membimbing masyarakat sehingga harapan kita semua masyarakat di Kabupaten Dogiyai dapat berubah dan mau berusaha.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan noken sebanyak 3 buah kepada Bupati Dogiyai. Noken ini merupakan hasil usaha dari Distrik Mapia Tengah yang diserahkan oleh Welem Kotouki. Dilanjutkan penyerahan bantuan dana kepada usaha kecil menengah yang diserahkan oleh Bupati Dogiyai dan diterima oleh 2 orang perwakilan dari para peserta sebesar sepuluh juta rupiah.

Pada pukul 11.00 Wit, seluruh rangkaian kegiatan pembukaan sosialisasi peningkatan sumber daya manusia pelaku usaha mini, mikro dan kecil tahun anggaran 2018 selesai. Dilanjutkan dengan sosialisasi dengan pembawa materi adalah staf ahli, Agustinus Sampe, S.Sos.

Kegiatan sosialisai yang diadakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dogiyai diharapkan dapat meningkatkan SDM sehingga dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Dogiyai. Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari dari hari Selasa tanggal 5 Juni sampai dengan hari Jumat tanggal 8 Juni 2018.

Turut hadir dalam giat tersebut, staf ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agustinus Sampe, S.Sos, Kapolsek Kamu IPTU Ngarifin, SH, Danramil Moanemani Mayor CZI Jarman Dabang, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Seselius Kedeikoto, SE, Kabag Humas Dogiyai Donatus Degei, AMD, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Maurus Wakei. Serta para pengusaha mini, mikro dan kecil dari 10 distrik di Kabupaten Dogiyai sebanyak 36 orang. (ros/ist)